29 January 2019

Cara Backup Aplikasi Android Menjadi APK

File APK Android
Hi guys,
Bagi para pengguna android, untuk mendapatkan aplikasi yang resmi pastilah harus melalui Playstore. Karena para developernya pasti akan menitipkan aplikasi mereka ke market yang memang benar-benar resmi. Bagi anda yang pemilik smartphone android dengan internal storage yang besar pastilah menginstall banyak aplikasi, seperti aplikasi chatting messenger, social media, game, tools, dan banyak lagi lainnya. 

Namun bagaimana jika terjadi dimana smartphone android harus di flashing ataupun misalnya di reset factory sedangkan di saat itu tidak ada koneksi internet. Salah satu cara untuk mengamankan aplikasi-aplikasi yang terinstall tadi adalah dengan melakukan backup menjadi file APK. Mengapa file APK ? Karena walaupun smartphone android kita tidak terhubung dengan internet, kita bisa menginstall aplikasi tersebut dengan file APK.

Lalu aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membackup aplikasi-aplikasi menjadi APK? Aplikasi ini bernama "App Saver". Tutorial cara penggunaan aplikasi ini sebagai berikut :

1. Buka Playstore, kemudian install aplikasi "App Saver" dengan developer "Android Trail".

App Saver

2. Setelah itu buka aplikasi tersebut. Terdapat semua aplikasi yang sudah terinstall di smartphone kita. Untuk membackupnya menjadi file APK, klik pada icon aplikasi yang ingin dibackup sehingga muncul tulisan "Do you want to save this app ?" lalu pilih "YES".

App Saver Pilih Aplikasi

App Saver Save APK

3. Lalu buka aplikasi file manager anda, contoh menggunakan ES File Explorer. Secara default file APK hasil backupnya akan lari ke folder "Internal Storage/App Saver/namaaplikasi.apk".

App Saver lokasi simpan

Dengan cara tersebut anda bisa menginstall kembali aplikasi anda tanpa menggunakan koneksi internet atau anda bisa membagikan file APK tersebut kepada teman yang membutuhkan aplikasi tersebut.

Jatuh bangun aku mengejarmu, namun dirimu tak mau mengerti ....


EmoticonEmoticon