04 February 2019

Jangan Mengangkat Telepon dari Nomor yang Tidak Dikenal, Ini Bahayanya !

Jangan Mengangkat Telepon dari Nomor yang Tidak Dikenal, Ini Bahayanya !

Hi guys,
Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat setiap detiknya membuat aplikasi chatting menjadi primadona sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bisa dibilang Whatsapp merupakan rajanya aplikasi chatting untuk saat ini. Selain memiliki fitur utama yaitu chat, Whatsapp juga memiliki fitur voice call dan video call.
Walaupun Whatsapp memiliki fitur voice call tetap tidak bisa menggantikan fitur wajib yang ada disebuah handphone ataupun smartphone yaitu Panggilan Telepon. Mengapa voice call di Whatsapp bisa dibilang tidak bisa 100% menggantikan Panggilan Telepon ? Dikarenakan voice call menggunakan paket data internet yang otomatis kualitas dari suara tergantung dari bagus tidaknya koneksi internet dari penerima dan pemanggil voice call Whatsapp tersebut. Berbeda dengan Panggilan Telepon yang dijamin kualitas suaranya akan lebih bagus daripada voice call Whatsapp.

Selanjutnya berbicara tentang Panggilan Telepon, terdapat sebuah fitur yaitu Private Number atau Nomor Pribadi. Dibeberapa operator khususnya di Indonesia menyediakan fitur tersebut. Pernahkah anda ditelepon oleh orang yang tidak dikenal menggunakan private number ? Pastilah pernah, dan apa yang anda lakukan ketika berada di moment seperti itu ? Apakah anda angkat atau anda biarkan begitu saja ? Pilihan terbaik dari hal tersebut adalah JANGAN anda angkat telepon tersebut. Apa alasannya ? Berikut penjelasannya :

1. Rawan Penipuan

Sudah banyak terjadi kasus-kasus penipuan yang dilakukan lewat telepon yang mengatas namakan undian-undian berhadiah tanpa kita pernah ketahui bahwa kita tidak pernah mengikuti bahkan memenangkan sebuah undian yang disebutkan oleh pihak penelpon. Biasanya kita disuruh untuk mengikuti instruksi-instruksi dari pihak penelpon, seperti disuruh mentransfer sejumlah uang yang biasanya malah uang yang harus kita transfer tersebut bisa sampai 50% dari nilai uang hadiah yang dijanjikan. 

2. Pencurian Data

Ketika si penelpon menelpon biasanya akan menanyakan nama kita, nomor identitas kita, dll. Disinilah kesempatan mereka untuk mengintrogasi kita mengenai data-data pribadi kita. Bahkan ada yang sampai memberikan nomor rekening dan PIN ATM dan sebagainya. 


Tentunya hal-hal seperti di atas jangan sampai terjadi terhadap diri kita. Jadi untuk menanggulangi jangan sampai kejadian di atas terjadi, simak hal-hal berikut :

1. Tanyakan dengan sejelas-jelasnya siapa pemilik nomor yang menelpon kita tersebut. Jika si penelpon tidak mau memberi tahu identitasnya, sebaiknya langsung matikan percakapan telepon tersebut.

2. Jika si penelpon menanyakan identitas kita apapun itu, JANGAN pernah kita memberikan identitas apapun alasannya. 

3. Jika yang ditawarkan adalah hadiah atau anda disebut telah memenangkan undian, JANGAN pernah percaya, anda ingat-ingat lagi apakah anda pernah mengikuti sebuah undian.

Inti dari solusi di atas adalah JANGAN MUDAH PERCAYA terhadap orang-orang yang tidak kita ketahui siapa dan tiba-tiba langsung menanyakan identitas kita.

Jatuh bangun aku mengejarmu, namun dirimu tak mau mengerti ....


EmoticonEmoticon